Rabu, 01 Februari 2012

Curhat seorang FT

Salah satu tantangan sebagai fasilitator teknik adalah dituntut harus menguasai segala macam perencanaan infrastruktur, mampu mendesain dan mengitung apapun yang masyarakat minta melalui usulannya. Kenyataannya, terkadang keterbatasan literatur, referensi ataupun contoh perencanaan yang serupa amatlah terbatas, terlebih itu untuk jenis kegiatan yang spesifik seperti jembatan rangka baja.

Kesulitan ini bertambah tatkali waktu yang diberikan sangat singkat sehingga kesempatan untuk mencari referensi, atau untuk buka-buka sisa-sisa catatan kuliah dulu ( itu kalau masih ada) sangat tidak memungkinkan. Tanya rekan sejawat juga sering tidak cukup membantu karena kesulitan yang sama. Siang malam googling cari refensi, tanya sana sini.

Tetapi, atas rasa tanggung jawab yang besar dari temen-temen FT ini untuk membantu masyarakat segala daya upaya dikerahkan demi dedikasi pada profesi.

Buatm rekan saya yang lagi kesulitan referensi jembatan rangka baja, mohon maaf saya hanya bisa nemu yang ini. Mudah-mudahan dapat membantum silakan klik link berikut!

Gambar standar jembatan rangka baja
Desain jembatan baja
RSNI T-03-2005 Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar