Jumat, 30 Agustus 2013

FT Se-KLU Laksanakan Konsolidasi Pelatih Kader Teknis

Gangga (30/8). Sebanyak 5 orang fasilitator teknik dari semua kecamatan lokasi PNPM di Kabupaten Lombok Utara berkumpul dalam acara konsolidasi pelatih. Kegiatan ini dimaksudkan guna membahas persiapan pelatihan keder teknis desa. “Kedepan kader teknis diharapkan mampu membuat perencanaan prasarana desa. Tidak hanya untuk kegaiatan PNPM saja tetapi juga lebih luas lagi untuk kegiatan prasarana non PNPM”, demikian dikatakan Mawardi, fatekab KLU dalam pengantarnya.

Dalam konsolidasi ini dibahas tentang training need assessment (TNA), materi pelatihan dan lesson plan. Target pelatihan kader teknis tahap I ini adalah kader teknis mampu membuat take of sheet (ToS), sehingga berdasarkan hasil analisa kebutuhan pelatihan diputuskan beberapa materi penting yang akan diberikan, antara lain :
- Peran dan tugas kader teknis
- Fungsi desain dan RAB
- Alur penyusunan desain dan RAB
- Keterampilan teknik (mengukur, membuat sketsa lapangan, menghitung volume, dll)
- Analisa pemilihan jenis konstruksi
- Metode survey menggunakan format SAP
- Take of Sheet dan Analisa SNI

Kegiatan yang dilaksanakan sampai dengan sore itu dilanjutkan dengan pembahasan jadwal pelaksanaan dan pembagian tugas materi bagi masing-masing pelatih. Proses pelatihan nantinya menggunakan metode perbantuan dimana fasilitator teknis dari kecamatan terdekat akan membantu menjadi pelatih di kecamatan lain.

Pelatihan kader teknis tahun 2013 direncanakan akan dilaksanakan dalam dua tahap dimana masing-masing tahap dilaksanakan dalam waktu tiga hari. Pelatihan tahap I akan dilaksanakan pada tanggal 3 s/d 5 September pada masing-masing kecamatan sedangkan tahap II akan ditentukan kemudian.

Modul pelatihan kader teknis KLU 2013 :
Daftar isi dokumen desan dan RAB
Panduan survey teknik
Panduan jalan dan jembatan
Panduan irigasi sederhana

Panduan pasar desa

Panduan teknis jalan desa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar