Minggu, 18 Desember 2011

MODUL PELATIHAN TP3

Dalam rangka menyelenggarakan sebuah pelatihan tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan guna mencapai tujuan yang diharapkan. Beberapa hal penting tersebut antara lain :1. ToR (Term of Reference)
ToR atau dikenal sebagai kerangka acuan memuat latar belakang pelatihan, tujuan yang ingin dicapai, peserta dan pelatih, waktu pelaksanaan dan pendanaan.
2. Matrik kurikulum
Dalam matrik kurikulum ini tertuang pokok dan sub pokok bahasan, tujuan masing-masing pokok bahasan, metode penyampaian dan alokasi waktu. Matrik kurikulum ini dibuat berdasarkan atas Trainning Need Assesment (TNA) yaitu penilaian kebutuhan pelatihan.
3. Lesson plan
Lesson plan merupakan pantuan pelatih dalam memfasilitasi pelatihan termasuk rencana alokasi waktu pada saat penyampaian materi pelatihan
4. Jadwal pelatihan
Berisi materi pokok bahasan yang akan disampaikan pada keseluruhan rencana pelatihan termasuk didalamnya alokasi waktu dan siapa faslilitatornya.
5. Modul dan bahan bacaan
Merupakan ulasan materi dari masing-masing pokok bahasan sebagai bahan pegangan pelatih dan peserta.
Nah, bagi rekan-rekan fasilitator yang sebentar lagi menyelenggarakan pelatihan Tim Pemelihara dan Pelestari Prasarana (TP3) modul berikut ini mungkin bisa melengkapi bahan bacaan agan dan peserta. Modul tersebut silakan disesuaikan dengan kebutuhan agan-agan. So, check it up!
lesson plan pelatihan TP3
modul pelatihan TP3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar